Rabu, 13 Oktober 2010

episode 6 : diskusi 1

hmm...., mungkin terkesan agak janggal, ya, kok, judulnya diskusi ngantuk. Hal itu karena kami lakukan di malam hari. Dengan tv masih menyala, ada makanan kecil, saya dan teman-teman kost pun berbincang-bincang ringan. Awalnya, kami mengobrol tentang beasiswa di kampus. Kami membandingkan berapa besarnya beasiswa dari pihak ini atau itu. Wah, saya yang jadi pendengar cuma bisa melongo dan sesekali bilang 'oo...' ketika kawan saya menjelaskan tentang prosedur pengajuan beasiswa.

Nah, awalnya kami memang membicarakan tentang beasiswa. Tapi akhirnya kami mbahas mengenai politik. Huft...., terjadilah diskusi seru ini ketika kami melihat tayangan di salah satu channel tv yang memberitakan mengenai aksi demo yg berujung anarkis hingga polisi sempat memukul pendemo itu.

Begini, komentar kawan saya yang kuliah di fak. Hukum, 'sesalah-salahnya manusia pun, dia tetap harus diperlakukan sebagai manusia. Nggak bisa kita hukum dia seperti binatang.'

saya menimpali, 'ah, kayak gitu 'kan udah sering. Tapi, memang masyarakat kita juga sering main hakim sendiri ya? Ehm, pernah diberitakan ada 2 pelajar terlibat tawuran yang dihukum suruh berendam di kubangan lumpur.'

kawan saya, 'ih, itu cara yang nggak berpendidikan. Sekalipun dia salah, dia 'kan juga manusia, bukan binatang.'

saya diam termangu.

Bersambung...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar